SMK Negeri 1 Sawan

Sekolah Pariwisata Berbasis Teknologi Informasi dan Bisnis Manajemen

 

Sabtu, 09 Januari 2016 | Admin | Ekstrakulikuler | 735 kali

Pramuka

Gudep Buleleng 07.375 – 07.376 Ambalan Surya Chandra pangkalan SMK Negeri 1 Sawan dibentuk pada tahun kedua setelah berdirinya SMK Negeri 1 Sawan. Gudep Buleleng 07.375 – 07.376 Ambalan Surya Chandra pangkalan SMK Negeri 1 Sawan dikukuhkan pada tanggal 02 Oktober 2014 setelah melalui tahap persiapan dan perjuangan panjang selama kurang lebih 1.5 tahun. Adapun makna Ambalan Surya Chandra adalah sebagai berikut :

 Surya    :  salah satu dewa dalam mithologi Hindu yang memiliki kedudukan yang cukup penting bagi masyarakat Hindu. Surya dalam bahasa Bali berarti matahari. Matahari adalah salah satu bintang dalam galaksi Bima Sakti yang memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan di dunia. Matahari adalah sumber energi dunia. Tanpa matahari kehidupan di dunia tidak akan ada. Selain itu dalam konsep kepemimpinan Hindu yang disebut Asta Brata salah satu bagiannya adalah Surya Brata, dimana seorang pemimpin diharapkan bisa menyinari masyarakat yang dipimpinnya secara adil dan merata tanpa membedakan status dan kelas masyarakat yang dipimpinnya.

                 Implementasi nama Surya dalam ambalan kami adalah diharapkan anggota penegak kami bisa seperti Surya (matahari) yang mampu bermanfaat dan berperan penting bagi kehidupan serta mampu memberikan sinar bagi masyarakat sekitar pada khususnya dan bagi Indonesia pada umumnya. Matahari dalam persepsi masyarakat sering dikonotasikan sebagai lambang maskulinitas (laki-laki), sehingga dalam Ambalan Surya Chandra unsur maskulin diwakili oleh Ambalan Surya untuk menyebut anggota penegak putra kami.

 Chandra :  salah satu dewa dalam mithologi Hindu yang memiliki kedudukan yang cukup penting bagi masyarakat Hindu. Chandra dalam bahasa Bali berarti bulan/rembulan. Bulan memiliki peran yang cukup penting pula dalam kehidupan manusia di dunia. Bulan merupakan satu-satunya satelit yang haluan orbitnya mengelilingi Bumi. Sebagai satu-satunya satelit Bumi, Bulan merupakan sumber penerangan utama di malam hari, baik sebelum atau sesudah listrik ditemukan terutama di saat Bulan Purnama. Dalam konsep kepemimpinan Hindu, salah satunya ajaran Asta Brata salah satu bagiannya adalah Chandra Brata yang artinya seorang pemimpin harus bisa menerangi masyarakat yang dipimpinnya dengan cahaya yang lembut dan menyejukkan. Apalagi saat masyarakat sedang menghadapi suatu masalah, maka seorang pemimpin harus tampil bagaikan seorang Dewa Chandra yang wajah dan tutur katanya bisa menyejukkan dan menentramkan masyarakat yang dipimpinnya. Bukan sebaliknya malah membuat masyarakatnya panik atau bahkan putus asa.

                 Implementasi nama Chandra dalam ambalan kami, diharapkan anggota penegak kami bisa bersikap dan berperilaku seperti halnya Sang Hyang Chandra yang mampu membantu dan memberikan ketenangan bagi masyarakat sekitar pada khususnya dan Indonesia pada umumnya terutama saat kecemasan melanda masyarakat dengan berbagai tantangan masalahnya. Bulan (Chandra) dalam persepsi masyarakat sering dikonotasikan sebagai lambang feminimitas, sehingga dalam Ambalan Surya Chandra unsur feminimisme (perempuan) diwakili oleh Ambalan Chandra untuk menyebut anggota penegak putri kami.

  SUSUNAN STRUKTUR ORGANISASI

GERAKAN PRAMUKA GUGUSDEPAN BULELENG 07.375-376

AMBALAN SURYA CHANDRA

PANGKALAN SMK NEGERI 1 SAWAN

 

A.    Struktur Mabigus

  1. Ketua Mabigus                  : I Made Rasta, S.Pd, M.Pd.H.
  2. Wakil Ketua                      : Drs. Ketut Wijana, M.Si.
  3. Sekretaris                        : Drs. Gede Lasia
  4. Anggota                          : Drs. I Nyoman Yanta, Yudiady, M.Si

                                        Komang Budi Astika, S.Pd.

                                        Ni Ketut Wisiani, S.Pd, M.Si.

B.    Struktur Pengurus Gugus Depan

  1. Ketua Gugus Depan Putra  : Made Suwadnyana, S.Pd.
  2. Pembina Gudep                : I Ketut Arka, S.Pd
  3. Pembina Satuan Putra       : I Putu Budhi Sentosa, S.Pd
  4. Pembantu Pembina           : Gede Putu Ary Pramana, S.Pd.
  5. Ketua Gugus Depan Putri   : Ni Ketut Wisiani, S.Pd, M.Si.
  6. Pembina Satuan Putri       : Kadek Widiasih, S.Pd
  7. Pembantu Pembina           : Kadek Erna Kembar Ayu, A.Md
  8. Pembantu Pembina           : Luh Putu Eka Yurniningsih, S.Pd

 C.    Struktur Dewan Kerja Ambalan Surya

Pradana Putra                       : Gede Angga Adi Putra

Kerani I Putra                       : Made Sumerasa

Kerani II Putra                      : Gede Nova Resma Wiyuda

Bankir I Putra                       : Nyoman Restiawan

Bankir II Putra                      : Komang Budiawan

 D.    Struktur Dewan Kerja Ambalan Chandra

 Pradana Putri                       : Ni Kadek Ayu Chandra Dewi

Kerani I Putri                        : Kadek Ani Perwati

Kerani II Putri                      : Eni Andriyani

Bankir I Putri                        : Luh Budayani Sri Maherni

Bankir II Putri                       : Komang Werestiasih

 

4.   KEGIATAN PRAMUKA

Kegiatan pramuka Ambalan Surya Chandra secara garis besar terbagi dalam 3 kegiatan Satuan Karya (SAKA), diantaranya :

1.   Saka Wira Kartika

Kegiatan Pramuka tergiat di Ambalan Surya Chandra adalah Saka Wira Kartika yang bekerja sama dengan Koramil Sawan. Saka Wira Kartika berada dibawah naungan TNI AD. Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan, yang paling membanggakan adalah berhasilnya kontingen Sawan yang diwakili Ambalan Surya Chandra menjadi Juara II Umum tingkat Kabupaten pada event Saka Wira Kartika (SWK) Championship.

 2.   Saka Bhayangkara

Salah satu kegiatan Pramuka di Ambalan Surya Chandra adalah Saka Bhayangkara yang bekerja sama dengan Polsek Sawan. Saka Bhayangkara berada dibawah naungan POLRI. Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan, salah satunya adalah event Lomba Saka Bhayangkara tingkat Kabupaten yang berhasil meraih Juara Harapan II dan untuk Kategori Tekpram berada di urutan ke-3.

 3.   Saka Bhakti Husada

Satuan Karya yang terakhir terbentuk di Ambalan Surya Chandra adalah Saka Bhakti Husada yang sangat aktif berkegiatan, walaupun jarang ada kegiatan lomba.

 Kegiatan Pramuka Ambalan Surya Chandra di luar kegiatan SAKA diantaranya rutin mengikuti Lomba Senam Pramuka (LSP) Racana Jelantik-Jempiring Undiksha Singaraja, Kegiatan Peran Saka, Perkemamahan Bhakti dan lain sebagainya.


 Photo Terkait

Kegiatan Pramuka
Kegiatan Pramuka
Kegiatan Pramuka